kuliner khas lombok timur

5 KULINER KHAS LOMBOK TIMUR YANG BIKIN NAGIH



  1. Plecing Kangkung

     
      sumber ig @resep_dapurmama_ 

     Makanan khas Lombok berikutnya adalah kuliner sayuran. Ternyata Lombok juga memiliki plecing kangkung yang khas. Biasanya masakan khas Lombok ini disajikan bersamaan dengan Ayam Tilwang. Resep dan bahannya hampir sama dengan plecing kangku pada umumnya. Yang menjadikannya berbeda adalah jumlah cabe yang banyak dan terasi khas Lombok menjadi bahan baku sambal.

    2.Sate Bulayak

     Sate Bulayak, sumber ig @streetfood_lombok

    Makanan khas Lombok lainnya adalah Sate Bulayak. Bahan dasar sate bulayak hampir sama dengan sate pada umumnya yakni daging sapi/ayam dan jeroan. Proses pembuatannya juga sama yakni dengan memotong kecil-kecil bahan baku sate, menusuknya kemudian membakarnya diatas arang.
    Yang membuat sate bulayak berbeda dengan sate-sate pada umumnya adalah cara penyajiannya dan bumbu satenya. Sate selalu disajikan bersama dengan bulayak (lontong yang dililit dengan daun aren atau enau). Sedangkan bumbu satenya terbuat dari kacang tanah yang disangrai, kemudian ditumbuk dan direbus bersama santan dan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang, cabai, jintan, ketumbar dll. Sehingga menghasilkan rasa pedas nan sedap yang tak dapat terlupakan.

    3. Beberuk Terong
    Beberuk Terong, sumber ig @makan.donk_

    Beberuk Terong adalah makanan khas Lombok mirip dengan salad ala luar negeri, namun berbahan dasar terong. Masakan kuliner khas Lombok ini terhitung sebagai masakan sehat karena terbuat dari sayur-sayuran yang dipotong-potong kecil kemudian dicampur dengan bumbu khusus. Diantara bahan-bahan dasar untuk beberuk terong adalah terong (ungu atau hijau), tomat, kacang panjang, dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya beberuk terong disajikan bersamaan dengan ayam tilwang dan plecing kangkung.

    4.Poteng Jaje Tujak


     Poteng Jaje Tujak, sumer blog.reservasi.com

    Kalau makanan khas Lombok yang satu ini bercita rasa manis. Poteng adalah tape ketan yang dimasak dengan daun pandang sehingga berwarna hijau. Sedangkan Jaje Tujak adalah gemblong. Sajian ini hanya ditemui pada momen Ramadhan atau Lebaran.
    Demikian beberapa daftar kuliner khas Lombok yang dapat Anda jadikan referensi saat berwisata atau berkunjung ke Pulau Lombok. Tentunya masih ada banyak makanan khas Lombok yang patut untuk di coba dan dinikmati. Jika bingung mau kemana saat di Lombok, bisa hubungi kami. Kami selaku penyedia paket wisata Lombok dengan senang hati membantu Anda, baik sendiri maupun rombongan. Selamat berwisata dan jangan lupa menikmati hidangan kuliner dari Lombok Timur yah.

    5.Babalung


     Babalung, sumber ig @fianfiratmaja_

    Babalung sebenarnya adalah makanan khas Lombok yang cukup familiar bagi telinga kita. Biasanya disebut balung atau balungan yang artinya adalah tulang. Nah, babalung adalah makanan khas Lombok yang berbahan utama tulang sapi. Sajian ini juga memiliki bumbu dan cita rasa khas Lombok






    Dirangkum oleh:Azizurrahman Razikin
    Terima kasih pak ZAIDIR ST,M.Cs



     

     

     

     sumber https://firstlomboktour.com/wisata-kuliner/kuliner-khas-lombok



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Shortest Job First

Pengertian First Come First Served(FCFS)

kemajuan sirquit manadlika