pentingnya kesehatan dilingkungan

Cara-Cara Menjaga Kesehatan Lingkungan Sekita

Kita sering melihat disekitar kita ,begitu kurangnya perhatian kita terhadap lingkungan.Sebagian besar kita menyepelekan kesehatan terhadap lingkungan ,kita ketahui kebanyakan penyakit datang dari lingkungan.Berikut ini langkah-langkah menjaga lingkungan sekitar.

1. Buang sampah pada tempatnya

Buang sampah pada tempatnya Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Cara menjaga kebersihan lingkungan yang paling sederhana dimulai dari kesadaran diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu, ketersediaan tempat sampah yang memadai di lingkungan kita juga perlu diperhatikan. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat tempat sampah terpisah sesuai jenisnya, yakni sampah organik dan non-organik. Lantas, bagaimana jika kita tidak menemukan tempat sampah di sekitar kita? Bawa sampah Anda terlebih dahulu dan buang saat Anda sudah menemukan tempat sampah.

2. Jaga kebersihan rumah

Jaga kebersihan rumahBagaimana Anda ingin menjaga kebersihan lingkungan jika kebersihan rumah sendiri tidak terjaga? Yuk, ajak keluarga untuk menjaga kebersihan rumah. Tidak perlu melakukan bersih-bersih setiap saat, Anda hanya perlu menjadwalkan pembersihan secara rutin. Perhatikan kebersihan pekarangan, lantai, dan kamar mandi. Pastikan bagian dalam rumah mendapatkan sirkulasi udara yang cukup agar rumah Anda tidak terasa pengap. Selain itu, jangan biasakan menggantung pakaian yang sudah dipakai selama berhari-hari. Jika sudah tidak berniat menggunakannya, sebaiknya cuci bersih pakaian dan simpan di dalam lemari.

3. Olah sampah menjadi pupuk kompos

Bahan pembuatan pupuk organikMasih ingat seputar manfaat eceng gondok yang bisa diolah menjadi pupuk organik? Ternyata bukan hanya tumbuhan liar saja yang bisa diolah menjadi pupuk organik, tetapi sampah juga bisa diolah menjadi pupuk kompos, lho. Pertama, buatlah tempat sampah organik dan non-organik. Sampah yang masuk ke dalam bak organik itulah yang nantinya akan diolah menjadi pupuk kompos. Cara membuat pupuk kompos ini cukup mudah, kumpulkan saja sampah organik dalam satu wadah ember atau drum. Kemudian, lubangi bagian bawah wadah penampungan sampah ini. Selanjutnya, tanam wadah berisi sampah organik di dalam tanah dengan kedalaman minimal 10 cm. Taburkan serbuk gergaji atau tanah di atas sampah organik tersebut. Setelah didiamkan selama 3 bulan, keluarkan wadah dari tanah untuk diangin-anginkan selama 1 minggu. Nah, setelah itu popok kompos sudah siap untuk dipakai.


4Daur ulang sampah
Daur ulang sampah
 Mengapa Anda harus mendaur ulang sampah, sedangkan wadah plastik dan karton saja harus diremukkan dan tidak bisa dipakai lagi? Wadah plastik atau karton memang tidak bisa digunakan berkali-kali. Akan tetapi, Anda bisa mendaur ulang sampah dari jenis sampah lainnya. Misalnya, kaleng bekas cat bisa dimanfaatkan sebagai pengganti pot bunga. Kemudian, bungkus deterjen juga bisa dijalin agar dapat menjadi tas belanja yang sederhana, tapi sangat bermanfaat. Temukan sampah-sampah yang berpotensi untuk didaur ulang menjadi benda yang aman dan tidak berbahaya meskipun akan digunakan kembali.

6. Kerja bakti di lingkungan sekitar
Kerja bakti di lingkungan sekitar

Apabila kamu sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar, tak ada salahnya untuk mengajak tetangga dan warga komplek tempat tinggal Anda untuk melakukan kerja bakti. Meskipun sudah ada petugas kebersihan yang rutin membersihkan wilayah tempat tinggal Anda, kerja bakti antar warga juga sangat penting untuk membersihkan sudut-sudut komplek yang tidak terjangkau oleh petugas kebersihan. Dengan melakukan kerja bakti, Anda sudah turut serta dalam usaha untuk membersihkan dan mempercantik lingkungan tempat tinggal. Selain itu, kerja bakti dapat menjalin silaturahmi dengan tetangga.













Dirangkum oleh:Azizurahman Razikin
Terima kasih pak ZAIDIR ST.,M,Cs.
selaku dosen pengampuh.




































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Shortest Job First

FUNGSI KEYWORD-KEYWORD dan CONTOH PROGRAMNYA DALAM BAHASA C++

Pengertian Internet, Sejarah dan Perkembangannya